Taralila on vacation

by 09:10 0 comments
     Setelah berpusing-pusing ria belajar, ngerjain tugas dan juga final exam di kampus tercinta. Liburan yang dinantikan pun tiba, laksana rafunzel yang menanti sang pangeran untuk membebaskannya, laksana kang kabayan menanti iteung (emang begitu kisahnya?), laksana katak dalam tempurung (ga nyambung). *stop_gilanya

     Disini gue bakal ceritain liburan gue selama sebulan ngapain aja, dimana aja, kemana aja, kapan aja, siapa aja, gimana aja (maaf kalo ga nyambung, gue cuma pake prinsip 5W+1H.hehe). Gue uda  mikirin liburan gue mau ngapain, dan pilihan gue jatoh pada si magang. Tadinya gue berada berada dalam kegalauan yang amat mendalam, kalo diumpamain gue tuh kaya “satu bunga, dua kumbang”. Bunganya itu gue, terus kumbangnya itu si magang kumbang perkasa dan si rumahan kumbang pemalas. Yah otomatis gue milih yang perkasa dong supaya hidup gue kedepannya terjamin maju, jadi panah cinta gue tertusuk tepat di jidat si magang kumbang sang perkasa.

      Setelah dapet pilihan magang, gue langsung cari-cari lowongan magang. Gue cari di twitter biar keliatan gaul gitu guenya. Haha. Dapet tuh kesempatan magang, gue nyusun CV gue sebagus mungkin, sertifikat gue kumpulin terus dipotoin satu-satu. Uda lengkap semua, gue kirim dah tuh ke semua list email yang gue catet. Nunggu sehari, gada balesan. Nunggu dua hari, tetepaja gada balesan. Nunggu tiga hari, beuh pengen mah gue makan tuh email (ga dibales juga). Gue putus asa gara-gara gada balesan satupun untungnya ga ampe putus urat. *Ga_lucu.

     Gue mikir, mikir lagi, mikir terus, mikir ampe mati dah. Tiba-tiba lampu nonjol di kepala gue (dibaca dapet ide), gue baru inget kalo gue punya teteh yang kerja di pemerintahan provinsi Banten. Caw deh gue langsung sms teteh, namanya teh Iip.
Akuhhh    *ngalay    : “Assalamualaikum teh, teh punten bade nanya. Di kantor teteh terima magang?”
Teh Iip                    : “iya nanti la ditanyain dulu. Mulai kapan? Terus buat berapa hari?”

       Hari esoknya gue dapet kabar dari teteh kalo gue bisa magang, gue bahagia banget laksana menemukan setitik cahaya di kegelapan lorong panjang nan gelap gulita. Gue tadinya mau berangkat hari senin, eh taunya kantornya malah pada liburan ke puncak. Maksudnya orang-orang di kantornya yah bukan kantornya yang jalan-jalan, tapi salah paham kalian yang bacanya. Hehe

     Gue tinggal menunggu hari H tiba, maksdunya hari tepat gue datang ke kantor. Takutnya kalian salah paham, kan gada hari H, ada juga senin, selasa, rabu dan seterusnya. Hari itu pun tiba, gue penuh semangat buat dateng ke kantor. Gue dianter sama si pacar tapi ga nyampe kantor, ke kantornya gue sama aa.
               
      Tiba gue di kantor, gue ngasih surat magang. Di kantor gue ketemu sama Pa Muhsi bagian kepegawaian, orangnya agak endut tinggi dan juga berkulit sawo mateng. Oh iya, gue magang tepatnya di kantor Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah Provinsi Banten disingkat DPPKD. Di kantor itu tuh tiap pagi jam setengah delapan rutin banget apel, apel bukan buah tapi upacara pagi yah. Takutnya salah paham lagi.
                
       Hari pertama magang, awalnya gue seneng. “Wah gue kerja di kantor pemerintahan, wah gue dikelilingi PNS, wah gue di keuangan” hati gue berbincang. Gue ikut apel, terus gue ditempatin dibagian akuntansi tepatnya di seksi pembinaan dan pengembangan keuangan. Gue cengoh, emang sih gue belajar akuntansi di kampus tapi gue ga tau nih bagian gue ngapain. Akhirnya gue tanya ke teteh yang tepat duduk di belakang gue namanya sebut aja teh A sekretaris pa Kabid (ketua bidang).
Akuuuh                : “Teteh di bagian sini tuh tugasnya ngapain yah?”
Teteh                    :”Ya itu, ngebina sama ngembangin akuntansi.”

       Setelah itu gue cuma jawab “oh” dan berbalik badan. Hati gue bergeming, “yaelah itu sih sama aja sama namanya, gue pengen lebih spesifik kali.” Percuma gue nanya, yang ada makin ngebingungin, heeemmmm. Jam pertama, gue kalem. Jam kedua, gue sedikit kalem. Jam ketiga, gue agak kalem. Jam keempat, gue ada bete. Jam kelima, gue sedikit bete. Jam keenam, gue bete banget. Jam ketujuh, gue sangat bete. Jam kedelapan, gue amat sangat teramat bete. Gue diem mulu, duduk mulu. Setiap gue tanya “teh, ada yang mau dibantuin?”. Selalu dijawab “lagi gada neng sekarang mah.”

     Betenya kebangetan banget dah gue, diem mulu. Mana gue cuma sendiri yang magang di kantor itu. Bayangin aja dari jam 8 ( setelah apel ) ampe jam 4 gue diem aja. Tuh akar gue udah menghujam tanah sepertinya ampe berdiri pun sakit, kudu pake tenaga dalem *becanda. Akhirnya jam pulang tiba, dan gue bahagia amat mendalam. Tapi hari-hari ngebetein esok gue sudah menanti, gue gatau apa yang akan terjadi esok. Apa gue bakalan menghujam tanah lagi dengan akar yang gue punya.

      Hari ketiga gue uda teramat betenya naudzubilah, gue pergi ke kamar mandi lalu telepon mamah, air mata gue ngucur. Nangis ke mamah pengen berenti. Tapi mamah ga ngijinan. Kenapa? Karena emang ini pilahan gue dari awal dan gue harus terima resiko yang gue hadepin, iya kali magang cuma 3 hari, apaan tuh. *Cemen (iya gue cemen puas lo!)

        Hari demi hari gue lewatin magang gue dengan sukarela. Dan akhirnya gue dapet tugas, gue kira cuma ngetik, beuh taunya runyam serunyam runyamnya deh. Gue suruh ngitung pajak per daerah yang ada di satu aderah. Runyam yah ngejelasinnya, puguh iya gue aja bingung gimana ngejelasinnya. Tugas kedua, gue suruh bikin laporan sebanyak 11 laporan, eeuuummm. Tugas ketiga, gue suruh bikin notulen sebanyak 5 bab. Gileeee, sekalinya diem nganggur banget. Sekalinya ada kerjaan yang lama ngerjainnya. Tapi harus semangat!!!!! Resio gue, dan juga lumayan buat pengalaman.

       Hari ke hari gue lewatin  di kantor sampe akhirnya gue tiba di penghujung akhir bulan, gue bilang ke pa kabid kalo gue mau udahan magangnya. Dan tepat di hari gue mau udahan, seksi tempat gue magang ada acara pembagian hasil pajak di hotel le bla bla *disamarkan. Dan beruntungnya, kita dapet voucher karauke selama dua jam. Gue kira tuh para PNS ga bakalan make tuh voucher. Taunya pada semangat banget, ga nyangka gue pergaulannya berjiwa muda sekali.

     Masuk ruang karauke semuanya milih lagu.  Kebanyakan milihnya dangdut, emang lagi ngetrend dangdung kali yah. Gue diem aja, nyanyi juga cuma sekali lagunya raisa – apalah arti menunggu, gue cuma ngikut doang. Ibu-ibu PNS yang karaukean, beeuuuuh suaranya men bagus bagus. Cengkoknya pas, pitch controlnya keren ( Cuma sok tau, gue ga ngerti ). Lanjut adalah bagian pa kepala seksi nyanyi, gue kira tuh pa kasi ( kepala seksi ) bakal malu-malu nyanyinya, nyatanya beuuuhh serius banget ampe tuh mata merem-merem, suaranya enak pula. Gue sebagai anak gaul (ngaku-ngaku doang, aslinya norak) ngerasa malu + minder dengan suara sumbang gue.

        Karaukean puas, eh taunya gue dikasih amplop, tau deh isinya apa dan berapa. Tapi gue terima dengan ikhlas *seneng_lah_gue. Haha. Kita semua balik ke kantor, eh di kantor dikasih amplop lagi sama bapak ketua bidang, tau deh isinya apa dan berapa. Tapi gue terima dengan ikhlas *seneng_bingitz_lah_gue. Wkwk. Dan Gue pun pamitan ke ibu-ibu dan bapak-bapak yang ada di kantor bagian akuntansi, pulang deh.

                
        So, liburan gue diisi dengan gue magang nyari pengalaman kerja. Banyak hikmah dan pelajarn yang gue dapet selama magang. Taralila on vacation bukan liburan yang gue pake dengan jalan-jalan ke tempat hiburan atau tidur bermalas-malasan di rumah. Tapi taralila on vacation gue coba menerapkan value passion and creativity. Semoga cerita ini bermanfaat buat gue dan buat lo semua yang baca. Amin. 



ila nurul fadilah

Blogger and Writer

I'm just the ordinary girl who still tryin' to be an awesome girl and the girl who have a much dream from the bottom of heart. I wanna be a great writer.I hope with write down my feel and my creation of writting with full of heart, i can publish my writing and the other people can read and happy with it. Amin Ya Rabbal Alamin ♥

0 comments: