Fadilah's Ribbon Boutique

by 21:53 0 comments

     Itu adalah nama butik saya kelak. Bisnis impian terbesar saya adalah usaha butik batik dan kebaya. Dimana saya punya gedung butik besar dan terdapat banyak ratusan karyawan. Tetapi untuk pemula saya hanya perlu sedikit karyawan. Dan ketika bisnis saya sudah sukses sekali, pada saat itulah saya akan memperkerjakan pengangguran. Tetapi sebelumnya pengangguran-pengangguran yang akan bekerja di perusahaan kelak akan saya berikan pelatihan terlebih dahulu dalam hal menjahit dan bisnis. Kelak ketika butik saya mempunyai banyak pelanggan dan pesanan membeludak saya harus punya banyak penjahit handal di perusahaan.
     Konsep atau desain kebaya dan butik yaitu dengan bertema unik, lucu, imut, elegan juga enak dipandang mata. Saya sudah menggambarkan bagaimana desain-desain kebaya yang akan saya produksi untuk butik saya. Ini beberapa desain gambar yang sudah saya buat semampu saya :
     Nah, itulah beberapa desain yang sudah saya buat semampunya. Dari desain di atas banyak sekali saya memasukkan pita dalam setiap desain saya. Karena itulah butik saya beri nama fadilah’s ribbon boutique . Dan fadilah adalah nama terakhir saya yang kelak akan menjadi nama keluarga saya, ketika saya sudah tua, nama fadilah akan disandang oleh anak dan cucu saya.
            Konsep bisnis yang akan saya terapkan yaitu e-business  dan butik yang bercabang di seluruh Indonesia bahkan sampai luar negeri. Amin. Sistem manajemen yang akan saya terapkan sama dengan sistem manajemen cake. Gedung butik atau perusahaan butik saya kelak akan dibangun seperti bentuk pita yang lucu tetapi tetap elegan. Sehingga bisa menarik perhatian masyarakat sekitar.
            Berikut ini adalah rincian sumber daya yang dibutuhkan oleh perusahaan butik saya kelak :
-  Sumber Daya Alam : Kain kebaya, kain batik dan benang
-  Sumber Daya Manusia : 1 orang presiden yaitu saya sendiri, 1 orang manager bagian IT, 1 orang manager marketing, 1 orang manager sumber daya manusia, 1 orang manager administrasi, 1 orang manager akuntansi, 5 orang penjahit handal, 10 orang penjaga butik, 4 orang kasir,  2 orang housekeeping, dan 2 orang satpam.
-  Sumber Daya Kapital : Laptop atau komputer, mesin jahit dan peralatan jahit, mesin kasir, dan alat-alat butik.
-  Sumber Daya Teknologi : Website, Social media, wi-fi, lantai berjalan, kamera CCTV dan majalah.
Suasana di dalam gedung butik sudah saya pikirkan matang-matang, yaitu :
-       Gedung dua lantai berbentuk pita yang unik dan elegan.
-       Untuk naik ke lantai 2, pelanggan tidak memerlukan tenaga yang lebih dengan menaiki tangga. Karena gedungnya memakai dua fasilitas tangga berjalan.
-    Di dalam gedung akan ada 4 ruangan khusus untuk butik kebaya dan batik. Setiap lantai ada 2 ruangan, di kiri dan kanan. Di bagian tengah atau di antara bagian kiri dan kanan akan disediakan lantai berjalan untuk memanjakan pembeli.
-       Di lantai pertama  sebelah kiri khusus kebaya untuk kalangan remaja dan dewasa
-       Di lantai pertama  sebelah kanan khusus kebaya untuk kalangan anak-anak dan couple keluarga.
-       Di lantai kedua sebalah kiri khusus batik untuk kalangan remaja dan dewasa, pria maupun wanita.
-       Di lantai kedua  sebalah kanan khusus batik untuk kalangan anak-anak dan couple keluarga bahagia.
-   Di lantai bagian butik bagian kiri maupun kanan, masing-masing dijaga dan dilayani oleh 3 orang pelayan, 1 orang kasir, 1 orang satpam, dan 1 orang housekeeping.
-   Di lantai bagian batik bagian kiri maupun kanan, masing-masing dijaga dan dilayani oleh 2 orang pelayan, 1 orang kasir, 1 orang satpam, dan  1 orang housekeeping.
Lingkungan bisnis yang akan saya pakai yaitu di daerah perkotaan, perumahan dan juga bekerja sama dengan mall-mall di kota.
Setiap mimpi harus dibarengi dengan usaha. Dan usaha yang telah saya lakukan saat ini yaitu dengan belajar mendesain walaupun gambarnya belum seperti desainer-desainer kelas dunia tetapi saya bangga akan hasil tangan saya sendiri, dan juga di kampus saya amat berminat mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) cooking club. Dua kegiatan itu akan sangat membantu untuk kedua bisnis saya.
Dan jika kelak saya ini adalah pengusaha yang amat sangat sukses dan bisnis saya menghasilkan profit yang luar biasa, saya ingin sekali membuat sebuah transportasi antar jemput gratis untuk orang-orang yang sudah lanjut usia renta. Di setiap saya pulang ke kampung halaman,  di sepanjang jalan saya sering melihat kakek-kakek tua atau nenek-nenek tua  berpergian sendiri tanpa ditemani kaum muda. Sedih dan khawatir yang saya rasakan ketika saya melihat beliau-beliau berpergian seorang diri tanpa ada yang menjaga. Oleh karena itu, hati saya tergugah untuk menciptakan sebuah alat transportasi untuk beliau-beliau yang renta. Ya Allah semoga semua impian saya Engkau beri jalan kemudahan dan Engkau jadikan semua impian saya ini nyata. Amin.

            








ila nurul fadilah

Blogger and Writer

I'm just the ordinary girl who still tryin' to be an awesome girl and the girl who have a much dream from the bottom of heart. I wanna be a great writer.I hope with write down my feel and my creation of writting with full of heart, i can publish my writing and the other people can read and happy with it. Amin Ya Rabbal Alamin ♥

0 comments: